Festival Rabilau ! Perayaan Semarak Warisan Budaya, Tradisi & Keindahan Alam

Gambar : Komunitas Pos Administrati Maubisse, Kotamadya Ainaru

SAPNewsTL, Dili – Presiden Republik José Ramos Horta berkolaborasi dengan Pemerintahan Konstitusional IX menyelenggarakan Festival Rabilau 2024 di Maubisse, Kotamadya Ainaru.

Festival Rabilau merupakan landasan penting bagi Program Promosi Pariwisata Nasional Timor-Leste, yang bertujuan untuk memperkuat industri nasional di bidang seni dan budaya, serta mempromosikan keindahan budaya, tradisional, dan alam negara kepada dunia.

Presiden Republik José Ramos Horta dengan bangga menjadi tuan rumah Festival Rabilau 2024, perayaan semarak atas warisan budaya, tradisi, dan keindahan alam Timor-Leste.

“Festival ini akan diadakan di Gunung Rabilau, di Pos Administrasi Maubisse, mulai tanggal 16 Oktober hingga 19 Oktober 2024”. Menurut Presiden Republik José Ramos Horta melalui siaran pers, Dili, 12/10/2024.

Peristiwa ini merupakan hasil kerja sama antara Presiden Republik dan Pemerintahan Konstitusional IX. Sebuah komisi gabungan telah dibentuk, dengan Presiden Ramos-Horta sebagai sponsor dan Wakil Perdana Menteri Kedua, Mariano Assanami Sabino, memimpin inisiatif ini.

Rabilau Festival 2024 mendaftarkan berbagai program yaitu, “1. Pertunjukan budaya yang menampilkan musik, tari, dan alat musik tradisional Timor Leste, 2. Lomba seni lukis, musik koremetan, dan seni digital, 3. Lomba dan pameran gastronomi yang menampilkan makanan lokal.”

“4. Pameran buku dan bazar produk lokal, 5. Pertunjukan musik moderen oleh seniman Timor Leste, 6. Kegiatan anak-anak dan bioskop, 7. Acara olah raga lokal dan 8. Penjelajahan Gunung Rabilau dengan pemandu”.

Peraih Nobel Perdamaian José Ramos-Horta menegaskan, Festival Rabilau bukan sekedar acara pariwisata, ini adalah perayaan warisan budaya kita dan undangan kepada dunia untuk mengetahui betapa indahnya Timor-Leste. Kami sangat gembira menyambut pengunjung untuk merasakan budaya unik kami dan keramahtamahan orang-orang kami.”

Acara yang berlangsung selama empat hari ini menjanjikan pameran menarik mengenai identitas Timor-Leste dan undangan kepada dunia untuk menjelajahi keindahan alam negara ini.

Pengunjung Festival Rabilau akan mempunyai kesempatan untuk membenamkan diri dalam budaya Timor Leste melalui workshop kerajinan tradisional, tur berpemandu ke situs bersejarah, dan kegiatan ekowisata yang menampilkan pemandangan indah Timor-Leste.

Sedangkan Festival Rabilau akan dimulai pada tanggal 15-19 Oktober 2024, kini tim Kepala Negara dan pemerintah sudah berada di Rabilau, Pos Administrasi Maibisse, Kota Ainaru untuk mempersiapkan festival tersebut.

Jurnalis : Marciana da Conceição

Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )